Home » Blogging » 10 cara terbaik untuk mendapatkan nama blog yang bagus

10 cara terbaik untuk mendapatkan nama blog yang bagus

Blogging merupakan hal yang sangat bagus untuk menuangkan ide, gagasan berita dan bahkan blogging merupakan salah satu cara menghasilkan uang melalui media internet. Melalui blog dengan berbagai flatformnya, setiap blogger dapat menuliskan dan menyuarakan suaranya sendiri dengan medianya sendiri (dalam hal ini sebuah BLOG).

Karena mudahnya memiliki blog, semakin banyak orang yang memiliki blog di dunia internet, sehingga timbul permasalahan, yakni: bagaimana membuat blog kita lebih menonjol dari blog lainnya? Salah satu hal yang harus di perhatiakan adalah membuat sebuah “Nama blog“, Nama blog yang akan anda pilih sebaiknya dapat memberikan identitas terhadap blog Anda sendiri.

Nama blog yang baik dan powerful akan lebih cepat menangkap perhatian pembaca potensial anda. Berikut ini adalah 10 hal yang harus anda perhatian dalam membuat nama blog anda :

1. Nama blog  anda harus unik

Hal in telah dikemukakan banyak para Mastah blogging, yakni nama blog yang kita gunakan harus unik dan berbeda dari orang lain. Cara membuat nama blog yang unik yakni dengan memperhatikan bidang apa yang anda minati untuk di tulis.  Misalnya, jika anda tertarik menulis blog seputar kesehatan, maka persempit lagi topik blog anda, misalnya tentang diet. Maka anda dapat memilih nama blog yang berhubungan dengan diet dan menuruntan berat badan.

2. Nama blog yang anda pilih harus memuat kata kunci yang dibidik

Sangat bagus untuk membuat blog yang khusus mengulas suatu topik, misalnya pada topik “Resep Kue Tradisonal Nusantara”, dimana anda ingin menulis seputar berbagai kue tradisional Indonesia, review dan resep, maka masukkan kata kunci yang anda bidik pada nama blog anda. Pembaca blog anda dengan cepat mengerti dan mengetahui gambaran tentang isi blog anda.

3. Pertimbangkan untuk menambahkan lokasi anda pada nama blog

Biasanya orang akan merasa dekat dengan orang yang sedaerah, misalnya blogger kota Bekasi. Anda dapat memasukkan lokasi anda pada nama blog, sehingga pembaca dari daerah tersebut akan merasa lebih dekat dan memiliki rasa ingin tahu yang lebih banyak menganai blog anda.

4. Nama blog yang sedikit aneh dan nyentrik

Memberikan nama blog dengan agak sedikit aneh dan nyentrik juga dapat dipertimbangkan, karena akan tampil berbeda dengan blog lainnya, dan tentu saja lebih mudah diingat. contohnya, jika anda pemilik bar dan kebetulan senang menonton film “star wars”, anda dapat membei nama blog anda dengan nama: “Star Bar” … terkesan nyentik, tetapi keren ….

5. Memakai nama panggilan yang keren (selama ini telah melekat)

Anda di dunia nyata sudah terkenal dan sering dipanggil teman-teman dengan nama atau julukan tertentu? nah .. anda dapat mempertimbangkan untuk memakai Nickname tersebut pada blog anda untuk membangun aware pengunjung. Misalnya: “Chef Gila”, ‘Master Website’, “Tukang Ketik”, dll.  Pemakaian nickname: “Chef Gila” akan sangat cocok untuk anda yang ingin membangun sebuah blog yang berisi resep masakan dan memberikan pembaca gambaran tentang isi tulisan-tulisan anda.

6. Memilih nama blog yang anek, tetapi keren dan mudah diingat

Anda dapat memakai kata-katra aneh atau gaul sebagai nama blog anda, untuk menambah keunikan blog. Hal dapat membuat blog anda terkesan keren. terkaang, nama blog yang aneh akan lebih mudah menawan perhatian pembaca blog anda. namun demikian, sebaiknya hindari memakai nama/ istilah yang seram untuk blog anda, bisa jadi pembaca malah antipati.

7. Gunakan kata-kata yang mudah dieja.

Terkadang, bagi suatu komunitas, suatu nama atau istilah terdengar keren, tapi bagi pembaca lainnya, mungkin sulit untuk mengertinya.  Karena itu, pertimbangkan dalam pemilihan istilah yang gaul tetapi mungkin menimbulkan kesulitan untuk di ingat oleh sebagain besar pembaca potensial.

8. Pilih nama blog yang bagus dan mudah diingat

Sebaiknya, pilih nama blog yang mudah diingat dan mencerminkan isi blog anda. Misalnya, nama blog: “Cafe Bisnis” milinya pak Lutvi Avandi, sangat mudah ingat bagi blogger yang ingin selalu mencari informasi seputar wordpress dan memanfaatkan wordpress untuk mencari uang. Atau nama blog: ” Om Kicau”, blog khusus yang membahas seputar hobby memelihara burung.

9. Nama blog mencerminkan siapa diri anda

Dengan blog anda dapat lebih mengkpresikan diri anda, bahkan mempromosikan diri dengan cara halus. Semakin banyak yang mengenal diri anda, dan semakin banyak teman dalam dunia maya, hal ini tentu memberi keuntungan, karena semakin banyak relasi sangat baik bagi kehidupan kita pribadi.

10. Pikirkan siapa pambaca blog anda.

Siapa target pembaca blog anda? hal ini sangat penting, karena jangan sampai kita menulis tulisan yang tidak di cari oleh orang. Dengan blog, kita ingin berbagi informasi yang berguna bagi orang lain. Cobalah untuk menempatkan diri sebagai orang yang mencari informasi di Internet, apa yang ia butuhkan?

Demikian 10 tips untuk menemukan nama blog yang sesuai untuk anda, semoga sukses.

Salam Blogger