Budidaya Ikan Arwana yang Baik

Budidaya ikan Arwana mengalami perkembangan yang cukup baik dan pesat, walau tidak jarang pula banyak orang yang gagal membudidayakannya. Di sisi lain, ikan Arwana atau juga ikan Silok ini memang sangat diidolakan oleh banyak orang. Bentuk sisik yang merah keemasan dan sirip yang indah membuat ikan Arwana ini semakin mahal dipasaran. Harganya bisa belajasan juta rupiah per ekor.

Nilai tambah yang membuat ikan ini menjadi mahal karena dipercaya mampu membawa keberuntungan bagi orang yang memilikinya. Walaupun itu mitos, tapi masih banyak orang yang meyakini bahwa ikan itu benar-benar akan membawa keberuntungan dan kekayaan. Tertarikah teman-teman untuk mengoleksi atau membudidayakannya? Berikut ini merupakan ringkasan singkat tentang bagaimana cara budidaya ikan Arwana secara tepat.

Ikan Arwana

Ikan Hias Arwana

Persiapan Kolam untuk Budidaya

Pada dasarnya, ikan Arwana mempunyai habitat perairan yang luas. Jadi hal pertama yang diperlukan adalah kolam yang luas. Untuk kolammya sendiri bisa berupa kolam bersuhu 26 – 30 °C. Disarankan untuk membuat 2 kolam untuk memisahkan ikan Arwana indukan dengan ikan Arwana yang baru berusia kira-kira 4 bulan. Usahakan pula ketinggian air pada kolam lebih dari 1 meter. Jangan lupa untuk menutup kolam agar terhindar dari sinar matahari langsung serta mencegah ikan keluar dari kolam.

Usahakan pula untuk memberi pencahayaan yang tidak terlalu terang namun juga tidak terlalu redup. Cara budidaya ikan Arwana selanjutnya adalah dengan mengganti air kolam setiap seminggu sekali.

Proses Pemberian Pakan Saat Budidaya

Lalu tahapan budidaya selanjutnya adalah pemberian makan. Umumnya pakan yang digunakan adalah hewan-hewan kecil yang masih hidup. Hal tersebut dilakukan untuk melatih insting si ikan Arwana dalam bergerak dan merespon terhadap makanan yang bergerak. Beberapa contoh pakan untuk Arwana adalah udang kecil dan jangkrik.

Cara Budidaya ikan Arwana

Peluang bisnis budidaya Ikan Arwana

Sedangkan cara pemberiaannya adalah dengan menghilangkan bagian-bagian jangkrik maupun kulit keras pada udang agar si ikan bisa dengan mudah memakannya serta tidak mengotori kualitas air kolam maupun aquarium. Di sisi lain, ikan Arwana sudah mampu dijual jika ukurannya mencapai panjang 20-25 cm dengan total usia minimal 6 bulan.

Itulah tadi ringkasan menarik tentang cara budidaya ikan Arwana. Tertarik untuk untuk budi daya ikan hias cantik ini? Selamat Mencoba.

Leave a Reply