Home » Peluang Usaha » Merintis bisnis cetak foto digital, Ismail dapat untung 6 jutaan sebulan

Merintis bisnis cetak foto digital, Ismail dapat untung 6 jutaan sebulan

Ismail, yang memiliki kemampuan merakit komputer, mencoba merintis usaha di bidang bisnis cetak foto digital dan juga menjual peralatan pendukung bagi pebisnis yang tertarik membuka usaha cetak foto digital.

Ismail termasuk seorang yang bermental entrepreneur/ wirausaha, sebab ia berani keluar dari pekerjaannya di bagian IT Crowne Plaza Hotel yang telah di jalaninya selama 3 tahun untuk merintis usaha sendiri, yaitu bisnis cetak foto digital.

Awalnya, ia menyewa satu kios saja untuk masa 5 tahun, dan ternyata respon konsumen sangat baik. Karena di sekitar lokasi kios tersebut banyak ABG dan mahasiswa. Lalu kemudian Ismail membuka satu kios lagi dan satu kios baru untuk usaha kursus komputer.

Mengapa Isamil berani menyewa satu kios sampai 5 tahun? mengapa bukan 1 atau 2 tahun saja dulu sebagai Trial and eror ? Pertimbangannya adalah harga sewa dikuatirkan akan meningkat setiap tahun dan ia yakin bisnis cetak foto digital yang di masukinya ini berprospek sangat bagus ditahun-tahun mendatang. Pertimbangan itulah yang membuatnya berani menyewa sebuah kios langsung untuk 5 tahun.

Adapun perkiraan modal awal yang telah ia keluarkan sekitar 100 juta, termasuk untuk sewa kios selama 5 tahun dan membeli peralatan pendukung seperti komputer, tinta refill, kertas printer, blue tooth, infra red, card reader dan lain sebagainya.

Untuk pembelian komputer, pada awalnya ia membeli 2 unit komputer, yang kemudian dirakit sendiri. Menurutnya, harga komputer sebelum dirakit berkisar 5-6 jutaan, karena ia memilih komputer yang berkualitas bagus.

Beberapa teknik pemasaran yang ia lakukan pada saat usaha cetak foto digitalnya belum di kenal khalayak adalh dengan gencar melakukan promosi lewat iklan dan memasang spanduk didepan kiosnya, sehingga menarik perhatian orang yang lalu lalang di depan tempat usahanya tersebut. Menurutnya, untung bisnis cetak foto digital ini berkisar 50%.

Selain membuka usaha di bisnis cetak foto digital, Ismail juga menawarkan set up mesin cetak foto digital, baik yang bisa cetak foto saja atau kombinasi , yaitu bisa untuk jasa ringtone sekaligus penjualan voucher elektrik. Untuk itu ia memberikan training selama 1-2 jam sampai pembeli mahir menggunakan mesin tersebut. Menurutnya, untuk membuka usaha bisnis cetak foto digital ini tidak memerlukan keahlian khusus. Namun tentu lebih baik lagi jika usaha ini di buka di mal yang ramai pengunjungnya. Bisa di satukan dengan usaha counter handphone dan asesorisnya.

Mesin 3 in 1 lebih banyak peminatnya, karena selain bisa untuk usaha cetak foto digital, bisa juga untuk jasa lain seperti jasa ringtone.

Info lebih lanjut bisa menghubungi:

Ismail

Jl. Danau Toba Blok A No. 48 Bendungan Hilir, Jakarta Pusat. Telp: 021-70955509 , 021-92900044, 021-5704457