Strategi Pemasaran Untuk Usaha Kecil

Pada saat Anda memutuskan untuk memulai menjalankan sebuah usaha baru, ada beberapa hal yang wajib Anda perhatikan, yang salah satunya adalah dengan pengembangan sebuah basis pelanggan melalui marketing atau pun pemasaran. Pemasaran ini merupakan salah satu dari elemen yang paling penting untuk penunjang suatu keberhasilan saat menjalankan usaha, termasuk dalam usaha kecil. Dan pemasaran ini terdiri dari merek, iklan, promsi, dan juga hubungan masyarakat. Dalam penerapan strategi berbisnis atau usaha ini biasanya membicarakan tentang produk, harga, promosi dan penempatan.

Membuat pelanggan puas

Pelangan

Dengan penerapan cara dan juga strategi pemasaran yang cukup baik, maka usaha yang Anda jalankan dapat memperoleh pemasukan dan pendapatan yang sesuai dengan yang di inginkan. Ada begitu banyak hal yang mendasari strategi dalam pemasarannya, sehingga bisa di katakan berhasil dan juga sukses, dengan keuntungan yang lebih panjang. Penasaran seperti apa strateginya? Mari simakĀ  ulasan strategi pemasaran untuk usaha kecil.

  1. Riset pasar. Anda dapat melakukan sebuah surcey, kuesioner, wawancara dan lainnya. Kemudian buatlah sebuah analisis pasar untuk usaha kecil yang Anda jalankan. Dengan melakukan sebuah riset pasar ini, Anda akan dapat mengetahui beberapa harga yang pas dan layak untuk dijadikan sebagai harga dari prodak atau pun jasa yang akan Anda tawarkan.
  2. Tetapkanlah anggaran pemasaran. Untuk hal ini Anda bisa mengalokasikan dana pemasaran Anda, dalam membuat kemasan produk, iklan, promosi, dan publisitas. Ingatlah bahwa usahakecil yang juga membutuhkan anggaran atau pun dana, untuk memperkenalkan atau pun memperomosikan prodak. Misalnya saja dengan membuat sebuah brosur dan juga promosi lainnya.
  3. Pasarkan prodak dari mulut kemulut. Ini adalah cara yang paling mudah sekali untuk memperomosikan prodak dari usaha yang Anda jalankan. Beritahukan usahakecil yang Anda jalankan ke semua keluarga, tetangga, masyarakat, dan teman Anda. Apabila pelanggan Anda puas dengan prodak atau pun pelayanan Anda, maka tidak menutup kemungkinan hal tersebut dapat mendorong mereka untuk memberitahukan pada orang lain.

Nah, itulah strategi pemasaran yang bisa Anda jadikan sebagai inspirasi terbaik Anda, dalam menjalankan sebuah usaha untuk meraih kesuksesan. Sekian strategi pemasaran untuk usaha kecil semoga bermanfaat.

Leave a Reply