5 Hal Penting Menyiapkan Property Untuk Dijual Dengan Harga Tinggi

Pemain property kelas dunia, Donald Trump berkata:

“Take care your property, and it will take care of you”.

Ungkapan pakar property kelas dunia tersebut, bisa jadi merupakan salah satu prinsip bisnis penting dalam bisnis property.

Jika anda memiliki suatu property, misalnya rumah atau ruko, tentu anda harus merawat property tersebut, dengan tujuan untuk mempertahankan nilai dari property (apalagi kalau ada rencana untuk menjual property tersebut suatu hari).

Kebanyakan orang yang hendak menjual property, bisanya menjual dengan keadaan “apa adanya”, dan ini bisa kita lihat pada iklan baris property, yang lama laku-nya, mungkin salah satu penyebabnya adalah karena tampilan property tersebut yang tidak memberikan kesan atau beberapa fungsi property mengalami gangguan.

Kebanyakan orang tidak mau memperbaiki property seperti tumah atau ruko yang hendak ia jual, padahal, jika ia mau merenovasi ‘sedikit’ property-nya, akan membuat nilai property tersebut naik cukup tinggi.

pengecatan tembok pagar

Mengupas cat lama dan kusam pada tembok pagar untuk pengecatan kembali

Nah, bagi anda yang ingin menjual property dan berharap mendapatkan harga jual terbaik, berikut ini beberapa Tips Menjual Property sederhana yang dapat anda lakukan:

1. Memperbaiki Muka Bangunan Property

Bagian depan property atau fasad sangat memberi pengaruh secara phisikologis kepada calon pembeli. Rumah yang dijual dengan halaman depan ditumbuhi rumput tinggi bahkan setinggi pagar, cat kusam, pagar kropos dan plafon ambrol karena air hujan, tentu membuat calon pembeli property tersebut ‘malas’ duluan, alias ia tidak terkesan.

Ingat; ‘Keinginan” adalah salah satu pemicu terbesar seseorang memutuskan membeli property atau tidak.

Halaman depan yang perlu anda perhatikan seperti:

pengecatan pagar tembok

Pagar tembok yang telah dicat memberi kesan yang baik

  • Membenahi pagar (cat ulang hanya seperlunya saja)
  • Membersihkan halaman dari tanaman yang tinggi, serta menyingkirkan sampah plastik , dll
  • Lihat dinding bagian depan, kalau ada yang perlu dicat, lakukan pengecatan pada bagian yang perlu.
  • Lihat plafon property tersebut, kalau sudah rusak, ganti bagian yang rusak dan cat ulang seperlunya.
  • Perhatikan barang-barang bekas dan rongsokan yang mungkin masih tertinggal di halaman rumah, segera singkirkan dan bersihkan supaya halaman depan terkesan luas dan asri.

2. Memperbaiki bagian dalam bagunan property

Selain bagian luar rumah/ ruko, bagian dalamnya pun perlu diperhatikan dan dibersihkan, walau tidak sampai melakukan renovasi besar-besaran. Biasanya pada dinding bangunan menempel banyak kotoran dan bekas, seperti bekas lem, bekas paku yang masih menacap di dinding, dan hal-hal lainnya yang mengganggu pandangan mata.

Berikut beberapa contoh perbaikan bagian dalam bangunan yang perlu dilakukan untuk menghasilakn tampilan yang menarik:

Pengecatan bagian dalam property

Pengecatan bagian dalam property

  • Jendela yang tertutup dibuka dan dibersihkan. Kalau ada tirai, sebaiknya tetap terpasang saat “open house”. Karena tirai pada jendel membuat kesan yang ‘nyaman’ dan ‘enek untuk tempat tinggal’.
  • Perhatikan keramik lantai bagunan tersebut, apakah kotor dan berdebu? segera lakukan pembersihan dan gunakan pembersih lantai yang wangi. Walau keramik lantai tersebut tidak baru, tapi cukup memberi kesan yang baik dimata para calon pembeli property anda.
  • Perhatikan sistem kelistrikan, stop kontak dan lampu-lampu. usahakan semua lampu berfungsi dengan baik. Segera ganti lampu yang rusak/putus bohlamnya.
  • Pengecatan dan pembersihan dinding bagian dalam, pastikan terlihat menarik.

3. Memperbaiki bagian property yang tidak berfungsi baik.

Misalnya, perbaiki sistem pipa air PAM, sistem distribusi air pada property tersebut (tong air/pinguin, pipa-pipa, dll), WC, sistem pembuangan limbah, dll.

4. Letakkan beberapa Furniture

Furniture yang di letakkan, akan membantu calon pembeli untuk mendapat bayangan posisi furniturnya nanti.

5. Pastikan tidak ada bagian dari property yang berbau

Tentu calon pembeli akan ‘mentok’ jika mendapati dapur atau kamar mandi property yang bau. Perbaiki sumber bau dan semprotkan wangi-wangian untuk menghilangkan bau. Tampilan keramik WC juga harus bersih dan tidak kusam kecoklatan atau ada lumut yang berkembang.

Dinding kamar bergambar Polka Dot disukai anak-anak

Dinding kamar bergambar Polka Dot disukai anak-anak

Demikian beberapa tips menjual property bagi anda yang ingin menjual property (bangunan, ruko, rumah) dengan harga maksimal, karena hal-hal tersebut akan memberi kesan kuat kepada calon pembeli. Biasanya, dalam membeli atau memilih suatu property, manusia lebih mengutamakan ‘perasaan’ dibanding ‘Logika’.Jika calon pembeli sudah terkesan dan menyukai property anda, anda memiliki kesempatan lebih besar untuk mendapatkan nilai pembelian yang lebih besar dari harga pasar property tersebut.

Selamat menjual property!

 

Referensi artikel: Mei Batubara pada Majalah “duit!
Gambar: AMKI Bethel Sintang

Leave a Reply