Perbedaan sukubunga antara Lembaga pembiayaan dan bank

Pertanyaan:

Bu Rizka, kami mendapat tawaran pendanaan dari sebuah lembaga pembiayaan untuk membeli mesin Es krim. Dapatkah Bu rizka jelaskan apakah ada perbedaan cara kerja lembaga pembiayaan dengan Bank umum? apa yang perlu kami perhatikan dalam pendanaan ini?

Evita, Jakarta

Jawaban:

Lembaga pembiayaan biasanya memberikan tingkat suku bunga yang lebih besar daripada bank. Karena bank mendapatkan sumber dana yang berasar dari simpanan masyarakat seperti tabungan, deposito dan lain-lain, sedangkan lembaga pembiayaan tidak mendapatkan dana dari simpanan masyarakat, tetapi dari pihak-pihak tertentu, misalnya dari obligasi atau surat hutang yang dijual kepada masyarakat.

Tentu suku bunga yang diberikan kepada calon debitur lebih tinggi daripada sukubunga atau kupon dari obligasi. Ibu perlu memperhatikan perbedaan tingkat suku bunga yang diberikan oleh Bank dan lembaga pembiayaan, serta proses pengajuan kredit kepada Bank dan lembaga pembiayaan. Selamat mencoba dan semoga sukses.

Sumber: Kolom RIZKA BAELY pada Majalah Duit! .

Rizka Baely, adalah President Director dan Chief Investment Officer dari Momentum Synergy Asset Management. Ia telah berkecimpung dalam pengelolaan keuangan dan investasi selama lebih dari 15 tahun, termasuk selama 12 tahun diantaranya sebagai Country Manager Citigroup Asset Management di Indonesia. Disclaimer: Tulisan ini adalah untuk bahan informasi saja dan bukan merupakan suatu penawaran untuk menjual atau ajakan untuk membeli instrumen investasi.

===================================================== temukan rahasia bisnis online

Leave a Reply