Tips membeli rumah pertama untuk pasangan yang baru menikah

Bagi pasangan yang baru menikah, tentu ingin memiliki rumah sendiri sebagai tempat bernaung, walaupun rumah itu sederhana. Namun, karena baru menikah, kemungkinan keuangan juga lagi seret, karena barusan keluar dana pernikahan yang lumayan besar.

Berikut beberapa hal yang menjadi pertimbangan bagi pasangan yang baru menikah untuk membeli sebuah rumah atau property:

beli rumah

perumahan

Perharikan kondisi keuangan berdua

Bagi pasangan yang masing-masing memiliki sejarah yang ‘baik’ peminjaman uang di bank, Selamat! Karena kesempatan untuk mendapatkan pinjaman perumahan (hipotek) menjadi lebih besar dibandingkan pasangan yang tidak pernah meminjam ke Bank atau memiliki sejarah peminjaman di bank yang jelek. Dengan menggabungkan penghasilan berdua, tentu uang muka yang di bayarkan dapat lebih besar dan kewajiban kredit bulanan dapat lebih kecil nilainya.

Meminjam dana perumahan tanpa pasangan

Kalau pasangan anda memiliki sejarah yang buruk dalam hal peminjaman kepada Bank (di blacklist bank), sebaiknya usahakan ajukan aplikasi pinjaman ke Bank sendirian tanpa pasangan.

Buat anggaran
Buat anggaran yang sama-sama disepakati dan harus dipatuhi. Tinjau selalu kondisi keuangan berdua, dan selalu diskusikan untuk mendapatkan solusi terbaik.

Leave a Reply